Search

Cara Mengatasi Kebiasaan Lampiaskan Stres dengan Makan - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika kamu termasuk orang yang kerap melampiaskan stres dengan mengonsumsi banyak makanan, sebaiknya segera hentikan. Jika tidak, berat badan akan bertambah dan menimbun penyakit di dalam tubuh.

Di sisi lain, ahli diet, Bonnie Taub-Dix, mengatakan, salah satu penyebab stres adalah pekerjaan di kantor. Karena itu, para pekerja, pulang dan makan banyak untuk melepaskan stresnya.

Namun, di tengah pandemi corona, kata dia, mereka bisa makan sepanjang hari (karena bekerja di rumah).

Melansir dari CNN, ada sejumlah cara untuk mengontrol makan saat stres, antara lain:

1. Kontrol Pemicu Stres

Sebagai contoh, Anda merasa stres setiap kali membaca atau menonton berita terkait pandemi corona. Maka, cobalah untuk mulai menguranginya.

Bisa juga tidak meladeni teman atau kerabat yang membuat Anda kesal.

"Mungkin kurangi melihat berita atau beri tahu teman bahwa Anda hanya punya waktu lima menit untuk berbicara," saran Martha McKittrick RD, seorang ahli diet berlisensi di New York.

2. Catat Pola Makan

Apabila Anda tidak yakin pemicu utama stres, maka saatnya mengatur pola makanan favorit dalam sebuah catatan.

"Sertakan apa yang Anda makan, kapan, berapa banyak, di mana Anda duduk atau berdiri dan dengan siapa," kata seorang pakar diet, Carolyn O'Neil.

Catatan tersebut harus ditulis dengan jujur sehingga Anda bisa mengenali pola makan Anda saat mengalami stres. Dengan begitu, Anda bisa menyeimbangkan makanan-makanan favorit yang tidak sehat dengan makanan yang lebih sehat.

3. Tentukan Porsi Camilan

Salah satu cara terbaik untuk menikmati camilan favorit Anda sambil menghindari makan yang tidak terkendali adalah dengan menyantap camilan sesuai porsi.

Taub-Dix menyarankan untuk memasukkan makanan ringan seperti pretzel dan keripik ke dalam tas wadah kecil kemudian hindarkan makanan berukuran besar.

4. Mengubah Dapur

Menurut Taub-Dix, mengubah dapur menjadi membantu Anda mengendalikan makan di kala stres. Bersihkan meja dari makanan yang menggoda, seperti kue, permen, dan minuman ringan.

Letakkan juga makanan tersebut di belakang makanan-makanan sehat jika Anda menyimpannya di lemari atau kulkas.

"Cobalah untuk menyimpan barang-barang di lemari es dengan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan dan sayuran segar," kata Taub-Dix pada CNN.

5. Minum Teh

Menghirup minuman seperti teh bisa menjadi cara yang bagus. "Meminum teh herbal dengan sedikit madu memberikan ketenangan," kata Taub-Dix.

Sesendok cokelat panas dalam secangkir kopi juga bisa membantu. "Itu membuat saya kembali ke fokus," tambah Taub-Dix.

6. Camilan yang Buat Sibuk

Menurut Taub-Dix, makanan yang membuat tangan Anda sibuk bisa membantu selama masa sulit. Dia merekomendasikan mengemil popcorn, mencelupkan irisan apel ke dalam yoghurt, dan lain-lain.

"Makanan-makanan ini membuat Anda sibuk, tetapi mereka tidak menambah banyak kalori dalam diet Anda," kata Taub-Dix.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
April 06, 2020 at 09:23AM
https://ift.tt/3bMdSr0

Cara Mengatasi Kebiasaan Lampiaskan Stres dengan Makan - ayobandung.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Mengatasi Kebiasaan Lampiaskan Stres dengan Makan - ayobandung.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.