Search

6 Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Makanan Ini, Ampuh Turunkan Berat Badan - merdeka.com

6 Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Makanan Ini, Ampuh Turunkan Berat Badan Ilustrasi diet. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Demi membuat berat badan turun, Anda tidak hanya perlu rutin berolahraga. Pola makan dengan makanan tertentu akan dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi nafsu makan biasanya seringkali dipilih orang untuk menurunkan berat badan. Namun, apabila mengurangi nafsu makan dengan tidak diimbangi dengan asupan nutrisi dan protein yang baik untuk tubuh justru akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Setiap hari, tubuh Anda memerlukan protein, vitamin, dan nutrisi yang baik dan diolah oleh tubuh. Konsumsi makanan bergizi merupakan cara yang paling tepat untuk membantu tubuh Anda memenuhi nutrisi harian Anda. Oleh sebab itu, bukan karena hanya ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan lalu Anda tidak makan makanan bergizi.

Sebaiknya, kamu perlu makanan yang dapat menekan nafsu makan dan akan mencegah kamu makan secara berlebihan. Alhasil, tubuh akan dapat mengendalikan dan mengontrol rasa lapar secara baik dan program penurunan berat badan pun dapat berhasil.

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang cara mengurangi nafsu makan, berikut kami rangkum 6 cara mengurangi nafsu makan dengan konsumsi jenis makanan:

1 dari 6 halaman

1. Greek Yoghurt

ilustrasi yoghurt

©2014 Merdeka.com/shutterstock/Sea Wave

Cara mengurangi nafsu makan yang pertama adalah pilihlah salah satu jenis yoghurt yang satu ini. Greek yoghurt, merupakan jenis yoghurt yang kaya akan protein dibandingkan dengan jenis yoghurt yang lain.

Greek yoghurt akan dapat menjadi camilan terbaik Anda untuk mengurangi nafsu makan. Kandungan protein yang ada didalamnya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, greek yoghurt akan baik dikonsumsi untuk mengurangi nafsu makan Anda.

2 dari 6 halaman

2. Alpukat

011 tantri setyorini

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Alpukat, merupakan salah satu buah yang mengandung sumber lemak yang sehat untuk jantung. Konsumsi alpukat juga merupakan cara mengurangi nafsu makan yang baik dilakukan.

Kandungan kalori sebanyak 9 kalori per gram pada buah alpukat dapat berguna untuk mengendalikan rasa lapar pada tubuh Anda. Alpukat merupakan buah yang dikenal kaya akan lemak, yang dikenal sebagai asam oleat, asam lemak omega 9 yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.

Di dalam tubuh, asam oleat akan diubah menjadi senyawa yang disebut dengan OEA (oleoylethanolamide). OEA dapat berfungsi untuk mengurangi rasa lapar. Selain alpukat dan minyak tertentu, sumber asam oleat yang lainnya berupa zaitun kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3 dari 6 halaman

3. Cabai Merah

kering

© wiseGEEK

Kandungan capsaicin merupakan sebuah senyawa tanaman pada cabai merah yang memberi sensasi pedas pada jenis bahan makanan ini. senyawa ini akan dapat membuat kalori tetap terkendali, yang merupakan kunci untuk menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, cabai merah akan menjadi bahan makanan terbaik untuk cara mengurangi nafsu makan.

Penelitian menunjukkan, capsaicin dapat membantu mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah penelitian kecil, ketika orang mengonsumsi menu berbahan cabai merah saat sarapan, mereka mengalami penurunan nafsu makan sebelum makan siang.
Akibatnya, mereka akan makan lebih sedikit protein dan lemak saat makan siang.

Studi lain menemukan, penambahan cabai merah ke makanan pembuka dapat mengurangi jumlah kalori dan karbohidrat yang dikonsumsi saat makan siang dan saat mengemil beberapa jam kemudian (setelah makan siang).

4 dari 6 halaman

4. Sup

008 febrianti diah kusumaningrum

Grofers

Cara mengurangi nafsu makan yang selanjutnya adalah konsumsi sup. Saat sup dimakan sebagai makanan pembuka, jenis makanan ini bisa mengurangi rasa lapar berlebih yang kamu rasakan, dan mengurangi total kalori yang dikonsumsi.

Dengan adanya sayuran dan kandungan airnya yang tinggi dan juga rendah kalori akan bisa membuat Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Sebuah penelitian menyarankan bahwa makan sup sebagai camilan dapat menjaga rasa lapar. Oleh sebab itu, sup akan efektif menjadi sumber makanan untuk menurunkan berat badan Anda.

5 dari 6 halaman

5. Salad Sayuran

salad sayur

pixabay.com

Mirip dengan khasiat sup, makan salad sayuran sebelum makan juga sering dikatikan dengan peningkatan rasa kenyang dan penurunan asupan kalori. Salad sayuran akan menjadi sumber makanan ampuh untuk cara mengurangi nafsu makan Anda.

Salad sayuran akan mudah meningkatkan rasa kenyang karena sayuran seperti selada, tomat dan mentimun merupakan jenis-jenis sayuran yang memiliki kadar air yang tinggi. Anda juga akan mendapatkan dosis serat yang sehat, yang akan berperan terhadap rasa kenyang.

6 dari 6 halaman

6. Bayam

bayam

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bayam, merupakan salah satu jenis sayuran yang merupakan sumber thylakoids, yang memiliki peran penting dalam membantu mengurangi jumlah makanan yang Anda makan. Bayam juga mudah diolah menjadi olahan apapun seperti sup, tumis ataupun direbus.

Dengan memiliki peran penting untuk membantu mengurangi jumlah makan, bayam menjadi cara mengurangi nafsu makan yang cocok Anda coba. Selain itu, bayam juga akan memiliki peran penting dalam menurunkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan.

[raf]

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
April 28, 2020 at 07:30AM
https://ift.tt/3eWfCjE

6 Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Makanan Ini, Ampuh Turunkan Berat Badan - merdeka.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Makanan Ini, Ampuh Turunkan Berat Badan - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.