Search

8 Makanan Pemicu Maag Kambuh Saat Seharian Berpuasa, Wajib Dihindari - merdeka.com

8 Makanan Pemicu Maag Kambuh Saat Seharian Berpuasa, Wajib Dihindari Ilustrasi Sakit Perut. ©iStockphoto

Merdeka.com - Maag adalah salah satu penyakit yang paling banyak di derita. Banyak faktor yang menjadi pemicu kemunculan penyakit maag pada seseorang di antaranya termasuk pola makan yang tidak teratur, konsumsi berlebih makanan yang mengandung gas, stress, hingga emosi.

Maag terjadi karena terdapat asam yang berlebihan dan memicu peradangan dalam lambung. Gejala penyakit maag antara lain mual, sakit di bagian ulu hati, muntah, dan kembung.

Bagi para penderita sakit maag, berpuasa di bulan Ramadan mungkin menjadi sesuatu yang cukup sulit. Terlebih jika Anda memiliki banyak aktivitas yang cukup menguras tenaga. Karena ketika berpuasa, Anda harus memangkas waktu makan dengan jeda yang lama.

Untuk meminimalisir kambuhnya penyakit maag Anda ketika sedang berpuasa, Anda dapat menghindari atau mengurangi konsumsi beberapa makanan di bawah ini.

1 dari 8 halaman

1. Hindari Makanan Berminyak

ilustrasi ayam goreng pedas

©iStock

Makanan pemicu maag yang pertama adalah makanan yang berminyak dan berlemak. Makanan jenis ini apabila dikonsumsi saat berbuka puasa dapat memicu peningkatan tekanan pada asam lambung. Gorengan memang enak dan menggugah selera, namun kesehatan lambung Anda tetaplah harus menjadi prioritas nomor 1.

Bagi penderita maag, ketika berbuka puasa sebaiknya menghindari makanan berlemak seperti daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju, dan makanan-makanan berminyak yang lain. Makanan yang digoreng notabene mengandung lemak jenuh yang cenderung berat dan sulit untuk dicerna. Mengonsumsi lemak jenuh juga akan membuat perut terasa tidak nyama.

Ini akan membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Akibatnya, asam lambung menjadi naik ke tenggorokan dan menyebabkan mual serta muntah-muntah.

2 dari 8 halaman

2. Hindari Makanan Pedas

ilustrasi makanan pedas

Shutterstock/wizdata

Penderita maag selalu diwanti-wanti untuk menjauhi makanan-makanan pedas. Makanan pedas diketahui dapat merusak dinding-dinding perut, karena pada umumnya makanan pedas diolah dari cabai yang mengandung zat capsaicin. Capsaicin cenderung lama dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga mampu mengakibatkan terjadinya heartburn yang adalah salah satu gejala maag dan asam lambung naik.

Untuk itu, Anda lebih baik menghindari konsumsi makanan pedas saat sahur dan berbuka puasa. Zat capsaicin yang dikonsumsi pada saat perut dalam keadaan kosong karena seharian berpuasa berpeluang tinggi dalam menaikkan kadar asam lambung dan membuat penyakit maag menjadi kambuh.

Selain makanan pedas, makanan bercuka juga sebaiknya dihindari pada saat berpuasa. Makanan bercuka juga termasuk dalam kelompok makanan penyebab maag dan asam lambung. Makanan pedas dan bercuka dapat mengiritasi lapisan dalam kerongkongan hingga menyebabkan nyeri pada ulu hati.

3 dari 8 halaman

3. Hindari Produk Makanan Dairy

013 siti rutmawati

imgarcade.com

Makanan pemicu maag selanjutnya adalah produk-produk dairy seperti susu, butter, keju, dan krim. Makanan tipe ini adalah makanan tinggi lemak yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Produk dairy juga berpotensi meningkatkan heartburn, salah satu gejala asam lambung tinggi.

4 dari 8 halaman

4. Hindari Mengonsumsi Cokelat

ilustrasi cokelat

©Pixabay

Bagi penderita maag, cokelat dapat menimbulkan gejala pencernaan yang buruk seperti mulas dan sakit perut. Sehingga cokelat juga harus Anda coret dan hindari dari daftar makanan yang boleh Anda konsumsi ketika berpuasa, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Pada cokelat terkandung zat theobromine dan kafein yang dapat menyebabkan asam lambung Anda naik. Cokelat juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang lagi-lagi dapat mengganggu sistem pencernaan dan berujung pada produksi asam lambung yang tinggi.

5 dari 8 halaman

5. Hindari Buah-buahan Asam

jerukan

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Meski segar dan kaya akan kandungan vitamin C, buah-buahan seperti jeruk, lemon, berries dan grapefruit adalah jenis buah dengan asam yang tinggi. Kandungan asam yang tinggi pada buah-buahan citrus ini dapat memicu peningkatan asam lambung dan heartburn.

Sangat tidak direkomendasikan bagi penderita maag untuk mengonsumsi buah-buahan ini dalam kondisi perut kosong. Anda harus makan sesuatu terlebih dahulu sebelum mengisi perut dengan citrus.

Buah-buahan yang mengandung asam ini dapat memperburuk kondisi perut Anda yang kosong saat berpuasa. Selain aneka citrus di atas, penderita maag juga sebaiknya menghindari anggur, tomat dan salad yang bercuka karena mereka juga dapat memicu naiknya asam lambung.

6 dari 8 halaman

6. Hindari Minuman Berkafein

ilustrasi kopi

©Pixabay

Selama bulan puasa ini, bagi Anda yang menderita maag juga harus menghindari sementara minuman-minuman yang mengandung kafein. Kafein yang terdapat pada teh dan kopi diketahui dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memicu maag mudah kambuh.

Beberapa biji kopi dan teh juga mengandung acid yang tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain kopi dan teh, minuman seperti sari buah dan susu full cream juga sebaiknya dihindari selama berpuasa, karena menjadi makanan pemicu maag kambuh.

7 dari 8 halaman

7. Hindari Makanan yang Mengandung Gas

putih

©www.simplyrecipes.com

Makanan pemicu maag kambuh yang lain adalah makanan-makanan yang mengandung banyak gas dan serat. Menghindari makanan ini dapat membantu menghindari naiknya asam lambung.

Contoh makanan yang mengandung banyak gas di antaranya seperti sayuran sawi, daun kol, buah nangka, kedondong, pisang abon, dan buah-buahan yang dikeringkan.

8 dari 8 halaman

8. Hindari Daging Merah

kambing

©2015 Merdeka.com/Chichi Wang

Daging merah cenderung lebih lama prosesnya untuk dicerna tubuh, yang membuatnya memproduksi lebih banyak asam. Mengonsumsi daging merah yang berlebihan dapat memperburuk kesehatan lambung Anda.

Daging merah dengan keasaman alami serta lemak yang tinggi harus Anda jauhi dulu selama bulan puasa ini, agar maag Anda tidak menjadi lebih buruk. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih mengonsumsi daging yang lebih rendah lemak dan aman bagi penderita maag dan asam lambung seperti daging ikan dan ayam.

[edl]

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
April 29, 2020 at 08:30AM
https://ift.tt/2KISiIl

8 Makanan Pemicu Maag Kambuh Saat Seharian Berpuasa, Wajib Dihindari - merdeka.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Makanan Pemicu Maag Kambuh Saat Seharian Berpuasa, Wajib Dihindari - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.