Search

Ini Siasat Tepat Agar Anak Makan Sehat - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Anak-anak seringkali memiliki kesulitan makan makanan sehat sepert buah dan sayur. Program televisi yang menampilkan makanan sehat dapat menjadi unsur utama dalam mengarahkan anak-anak untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat sekarang dan seterusnya.

Sebuah studi baru dalam Journal of Nutrition Education and Behavior yang diterbitkan Elsevier menemukan bahwa anak-anak yang menonton acara memasak makanan sehat 2,7 kali lebih mungkin membuat pilihan makanan sehat, daripada mereka yang menonton episode yang menampilkan makanan tidak sehat.

Para peneliti meminta 125 anak berusia 10 hingga 12 tahun, dengan izin orang tua, di lima sekolah di Belanda untuk menonton 10 menit program memasak televisi publik Belanda yang dirancang untuk anak-anak, dan kemudian menawarkan kepada mereka camilan sebagai hadiah untuk partisipasi.

Anak-anak yang menonton program sehat jauh lebih mungkin untuk memilih salah satu dari pilihan makanan ringan yang sehat - sebuah apel atau beberapa potong mentimun - daripada salah satu pilihan yang tidak sehat - segenggam keripik atau segenggam mini-pretzel asin. .

"Temuan dari penelitian ini menunjukkan program memasak dapat menjadi alat yang menjanjikan untuk mempromosikan perubahan positif dalam preferensi, sikap, dan perilaku yang berkaitan dengan makanan anak-anak," kata Frans Folkvord, PhD, dari Tilburg University, Tilburg, Belanda, dilansir Science Daily, Selasa (7/1/2019).

Penelitian ini dapat mewakili alternatif yang menjanjikan bagi anak-anak untuk belajar makan sehat. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kaum muda lebih cenderung makan makanan kaya nutrisi termasuk buah-buahan dan sayuran jika mereka terlibat dalam menyiapkan hidangan. Namun, ketergantungan modern pada makanan siap saji dan kurangnya pemodelan oleh orang tua dalam menyiapkan makanan segar telah menyebabkan penurunan keterampilan memasak di kalangan anak-anak.

"Memberikan pendidikan gizi di lingkungan sekolah sebagai gantinya mungkin memiliki pengaruh positif penting pada pengetahuan, sikap, keterampilan, dan perilaku anak-anak," kata Folkvord.

Studi ini menunjukkan keunggulan visual dari pilihan yang lebih sehat dalam pilihan makanan dan ukuran porsi pada program memasak TV membuat pemirsa muda mendambakan pilihan yang lebih sehat kemudian bertindak berdasarkan keinginan itu.

Efek dari paparan pilihan yang lebih sehat pada anak-anak sangat dipengaruhi oleh sifat-sifat kepribadian. Misalnya, anak-anak yang tidak menyukai makanan baru cenderung menunjukkan keinginan lebih kuat untuk pilihan yang lebih sehat setelah menonton program TV yang menampilkan makanan yang lebih sehat daripada anak yang tidak suka mencoba makanan baru.

Namun, seiring bertambahnya usia, mereka mulai merasa lebih bertanggung jawab atas kebiasaan makan mereka dan dapat kembali pada informasi yang mereka pelajari ketika masih anak-anak.

Para peneliti percaya ini dapat menunjukkan bahwa menonton program dengan pilihan yang lebih sehat masih dapat memiliki dampak positif pada perilaku anak-anak, bahkan jika terjeda usia.

"Sekolah mewakili cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai bagian besar dari populasi target yang penting, yang mencakup anak-anak serta staf sekolah dan masyarakat luas," komentar Folkvord.

"Pemodelan rekan sejawat dan guru yang positif dapat mendorong siswa untuk mencoba makanan baru yang mereka tunjukkan tidak disukai sebelumnya," ujarnya.

Kebiasaan diet yang buruk selama masa kanak-kanak dan remaja memiliki beberapa efek negatif pada beberapa indikator kesehatan dan kesejahteraan. Hal itu termasuk pencapaian dan pemeliharaan bobot yang sehat, pola pertumbuhan dan perkembangan, dan kesehatan gigi.

"Kemungkinan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran di kalangan remaja dan dewasa sangat terkait dengan mengetahui cara menyiapkan sebagian besar buah-buahan dan sayuran. Peningkatan keterampilan memasak di kalangan anak-anak dapat secara positif memengaruhi konsumsi buah dan sayuran dengan cara yang akan bertahan hingga dewasa," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
January 07, 2020 at 02:57PM
https://ift.tt/35xbnoM

Ini Siasat Tepat Agar Anak Makan Sehat - Bisnis.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Siasat Tepat Agar Anak Makan Sehat - Bisnis.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.