Search

14 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi - Merdeka.com

14 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Ilustrasi kalsium. ©shutterstock.com/concept w

Merdeka.com - Kalsium diperlukan bukan saja untuk pertumbuhan tetapi juga untuk pemeliharaan gigi, otot, saraf, kontraksi otot dan sekresi hormone dan enzim tertentu. Saat kita tidak cukuP mengonsumsi kalsium, tubuh memecah tulang kita untuk melepaskan kalsium. Hal ini dapat membuat massa tulang jadi hilang. Apabila hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan memburuknya kesehatan tulang.

Untuk selalu memelihara kesehatan tubuh terutama kesehatan tulang cobalah untuk selalu memperhatikan asupan makanan apakah sudah mengandung gizi yang baik atau belum. 14 makan di bawah ini mengandung kalsium tinggi telah dirangkum merdeka.com pada Senin, (24/2).

1 dari 14 halaman

1. Susu

Seberapa sering kamu mengonsumsi susu, mungkin beberapa orang akan menjawabnya sering. Selain langsung diminum susu kerap kali jadi bahan tambahan untuk berbagai macam makanan olahan. Susu mengandung 31 persen kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh. Susu murni juga mengandung 149 kalori dengan rincian 7,9 lemak, 7,7 gram protein dan 11,7 karbohidrat dan bebas serat. Selain itu kandungan kalsium dalam susu murni sebanyak 276 miligram dan 8 persen kebutuhan vitamin A harian.

2 dari 14 halaman

2. Yogurt

Yogurt termasuk ke dalam jenin makanan yang menyehatkan tubuh sehingga penting untuk dikonsumsi baik bagi perempuan maupun laki-laki dan juga oleh orang dewasa maupun anak-anak. Yogurt yang difermentasikan dari 100 persen susu segar punya kandungan dari kebaikan susu.
Yogurt mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi sebagai faktor utama pembentukan dan memperkuat tulang. Mengonsumsi yogurt dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat tulang menjadi lebih sehat, mengurangi resiko terkena hipertensi, memberi rasa aman pada perut pasca menyantap makanan pedas, dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

3 dari 14 halaman

3. Keju

Banyak orang menyukai keju baik sebagai tambahan maupun sebagai cemilan. Keju sendiri merupakan produk makanan yang terbuat dari susu hewan seperti sapi, kambing atau domba. Keju kaya akan kandungan gizi seperti kalsium, protein, vitamin A, vitamin B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc) yang semuanya merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.
Manfaat keju untuk tubuh juga beragam seperti meningkatkan kadar kolesterol baik, membantu control hormon insulin dalam tubuh, baik untuk kesehatan gigi, mencegah kanker, menjaga berat badan agar seimbang, menguatkan tulang, mencegah osteoporosis dan membuat kulit berkilau.

4 dari 14 halaman

4. Ikan Sarden

Reputasi makanan kalengan yang cenderung kurang baik berakibat pada sebagian orang malas memilihnya karena dikhawatirkan mengandung pengawet, pewarna, tinggi garam atau gula, atau lebih jauh karena terlalu banyak proses yang dilalui mengakibatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya menjadi hilang. Salah satu makanan kalengan yang mendapat stigma tersebut adalah ikan sarden.
Padahal sarden yang dikalengkan tetap kaya akan nutrisi berupa protein, lemak, omega-3, omega-6, vitamin D, kalsium, kalium, selenium, dan natrium. Yang seharusnya diwaspadai adalah kandungan BPA dan garamnya. Meskipun kaya akan nutrisi mengonsumsi ikan sarden tetap tidak boleh setiap hari.

5 dari 14 halaman

5. Ikan Salmon

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh sangatlah beragam, Ikan salmon dikenal kaya akan omega-3 yang baik untuk jantung. Selain itu ikan berlemak tinggi ini juga mengandung lebih dari 100% asupan vitamin D atau sekitar 763 IU dan juga kalsium.
Selain baik untuk jantung ikan salmon juga memiliki manfaat lain seperti baik untuk kesehatan kulit dan rambut, menjaga kesehatan tulang, membantu dalam meningkatkan fungsi otak dan melindungi sistem saraf serta mencegah depresi.

6 dari 14 halaman

6. Kacang Almond

Bukan hanya di Indonesia kacang almond juga merupakan kacang paling populer di dunia. Kacang almond sendiri memiliki banyak variasi bentuk, warna dan ukuran. Kacang yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung sebagai kudapan atau dijadikan sebagai tambahan dalam berbagai macam makanan seperti kue, es krim, olahan coklat dan juga susu.
Kacang almond memiliki banyak kandungan nutrisi salah satunya adalah protein. Dalam 28 gram kacang almond mengandung 6 gram protein, 3,5 gram serat, 14 gram lemak yang mana sembilan di antaranya lemak tidak jenuh tunggal.

7 dari 14 halaman

7. Tahu

Tahu merupakan makan yang menjadi favorit semua orang, makanan ini sangat mudah dijumpai di negara-negara asia tenggara. Selain enak tahu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena merupakan sumber tiamin, kalsium dan magnesium untuk tubuh.
Tahu juga merupakan produk kedelai dengan kandugan protein yang baik untuk tubuh. Dalam satu porsi (1/2 cangkir) tahu mengandung sekitar 10 gram protein dan 0,5 gram serat. Konsumsi tahu sebagai pengganti makanan hewani akan membuat kadar kolesterol dan lemak jenuh yang ada dalam tubuh menurun hingga 10-20 persen. Alhasil rajin mengonsumsi tahu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

8 dari 14 halaman

8. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayur hijau dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti zat besi, protein, vitamin, kalsium dan mineral. Dalam 100 gram bayam, terkandung sekitar 150 mg kalsium. Pada umumnya sayuran ini sering diolah menjadi sayur bening dengan tambahan jagung manis. Selain itu kamu juga bisa merebus sayur bayam tanpa tambahan bumbu apa pun, karena rasanya akan tetap enak.
Mengonsumsi bayam dipercaya dapat menurunkan glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah stress oksidatif, menurunkan neuropati dan otonom. Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan cara dijadikan sebagai sayur bening, tumis bayam maupun sebagai lalapan.

9 dari 14 halaman

9. Wijen

Siapa yang tau kalau ternyat biji wijen juga mengandung kalsium yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari satu gelas susu. Untuk ukuran 100 gram biji wijen terdapat sekitar 975 mg kalsium. Sedangkan satu gelas susu mengendung 912 mg kalsium.
Kebanyakan orang mengonsumsi wijen sebagai bahan tambahan dalam makanan olahan seperti kue. Salah satu ide untuk mencukupi kebutuhan kalsium apalagi bagi kamu yang kurang suka susu wijen bisa jadi pilihan. Tambahkan wijen pada menu sarapanmu atau menambahkannya di atas roti.

10 dari 14 halaman

10. Kecipir

Psophocarpus tetragonolobus atau lebih akrab dengan nama kecipir merupakan salah satu sayur yang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti rendah kalori, kaya akan vitamin C, zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor dan magnesium.
Mengonsumsi kecipir dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, membantu mengurangi peradangan, dan membantu mengobati difisiensi superoksida dismutase (SOD) atau faktor yang menyebabkan peradangan tersebut.

11 dari 14 halaman

11. Chia Seeds

Chia seed merupakan salah satu jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanical L. Tanaman ini lebih banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun akhir-akhir ini chia seeds juga sudah masuk ke Indonesia yang langsung menjadi favorit para pencinta makanan organik.
Kandungan nutrisi yang ada dalam chia seeds meliputi karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan , mangan, fosfor, selenium, kalium, kalsium , zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga.

12 dari 14 halaman

12. Jus Jeruk

Kalau kamu tidak suka dengan produk susu, tapi khawatir dengan kebutuhan kalsium dalam tubuhmu jangan buru-buru panik. Barang kali jus jeruk bisa menjadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari.
Sebisa mungkin buatlah jus kamu sendiri supaya kamu mengerti takaran yang pas untuk dirimu. Buah jeruk sedang memiliki sekitar 55 mg kalsium dan kalsium dalam jus jeruk bisa mencapai 300 mg per gelasnya.

13 dari 14 halaman

13. Kiwi

Buah kiwi berasal dari daratan Cina utara yang sudah mulai dibudidayakan sejak abad ke 20 di Selandia Baru. Bentuknya menyerupai telur ayam dengan kulit cenderung kusam berwarna cokelat keabu-abuan dengan daging berawarna hijau. Kandungan nutrisi yang tinggi seperti kaya akan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Kalium, Asam Amino, Folat dan Kalsium serta sumber serat yang baik.
Dengan banyaknya kandungan nutrisi maka tidak heran bila manfaat kiwi untuk kesehatan tubuh juga melimpah seperti meredakan asam, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko pembekuan darah dan baik untuk menjaga kesehatan mata.

14 dari 14 halaman

14. Strawberry

Buah yang berasal dari benua Eropa ini memiliki rasa asam yang menyegarkan, sering dikonsumsi langsung atau di buat jus dan dijadikan tambahan dalam berbagai jenis minuman dan makanan.
Strawberry mengandung berbagai antioksidan, senyawa tumbuhan, mangan, vitamin C, vitamin A, vitamin D, kalsium, zat besi, dan fosfor. Mengonsumsi strawberry dipercaya dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, mencegah arthritis atau radang sendi dan asam urat.

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
March 25, 2020 at 04:53PM
https://ift.tt/33IsYee

14 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi - Merdeka.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "14 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi - Merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.